BPBD Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyatakan tidak ada dampak gempa bumi berkekuatan 3,5 Skala Richter (SR)

DRADIOQU.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyatakan tidak ada dampak gempa bumi berkekuatan 3,5 Skala Richter (SR) mengguncang daerah itu, Minggu (11/3) pukul 02.21 WIB.
"Kita belum menerima laporan dari pemerintah kecamatan, pemerintah nagari atau desa adat dan masyarakat terkait kerusakan gempa bumi melanda daerah Lubukbasung pada Minggu dini hari," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam, Wahyu Bestari di Lubukbasung, Minggu (11/3).
Ia mengatakan, data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di darat pada koordinat 0.49 lintang selatan dan 100.34 bujur timur, sekitar 7 kilometer barat daya Kota Padang Panjang, kedalaman hiposenter 21 kilometer.
Gempa tersebut terasa di Kota Padang Panjang, Bukittinggi dan Lubukbasung.
"Tidak semua warga Lubukbasung merasakan gempa tersebut," katanya.
Gempa Pariaman dengan kekuatan 3,3 SR pada Minggu (10/3), juga tidak berdampak terhadap kerusakan rumah di daerah itu.
Namun pihaknya mengimbau warga untuk selalu meningkatkan kewaspadaan bahwa gempa bumi setiap saat dapat terjadi.
"Apabila ada gempa bumi, segera keluar dari rumah, hindari berada di bawah bangunan, pohon dan lainnya," katanya.
Salah seorang warga Lubukbasung, Lukman (28), mengatakan, getaran gempa bumi terasa tidak begitu kencang. "Gempa tidak begitu lama terasa saat saya berada di kantor, kebetulan tadi malam sedang dinas malam," katanya.
Sementara warga lainnya, Hendra (38), mengatakan, pihaknya dan teman yang lain tidak merasakan getaran gempa bumi. "Pada Minggu dini hari, saya dan tiga orang teman masih duduk di warung dan tidak merasakan getaran," katanya.

TAG