Buka Rapat Pleno Penyampaian DPHP Lurah Benteng Utara ‘Ultimatum’ PPDP



DRADIOQU,COM - Agenda pokok rapat pleno penetapan daftar pemilih hasil pemukhtahiran (DPHP) dilaksanakan panitia pemungutan suara (PPS) bersama jajaran petugas pemukhtahiran data pemilih (PPDP) Kelurahan Benteng Utara, Kecamatan Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan bertempat, di Sekretariat PPS Kelurahan Benteng Utara, pada hari Senin (05/03) sore kemarin.

Rapat pleno penetapan daftar pemilih hasil pemukhtahiran dihadiri dan dibuka langsung Lurah Benteng Utara Surya Nurul Fajri, S.S.TP yang turut didampingi oleh Sekretaris Lurah Benteng Utara, Handirwan Awal, S.S.TP.

Membuka dan mengawali rangkaian sambutannya, Surya Nurul Fajri menandaskan, berbagai bentuk tahapan pemilu telah dilalui bersama oleh segenap jajaran penyelenggara pemilu   selama kurun waktu tiga bulan terakhir.

Penyelenggaraan pesta demokrasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel tahun 2018 dapat berjalan lebih lancar dan transparan dari tahun-tahun sebelumnya. Dikatakannya, rapat pleno daftar pemilih hasil pemukhtahiran (DPHP) merupakan rangkaian penting tak terpisahkan dari tahapan penyelenggaraan pemilu gubernur dan wakil gubernur setelah diserahkannya dokumen daftar penduduk potensial pemilih (DP4) yang diserahkan Kemendagri melalui instansi tekhnis Dinas Kependudukan & Catatan Sipil dan selanjutnya diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar.

Sebelumnya, sejumlah tahapan pemilu telah dilaksanakan KPU mulai dari pembentukan PPDP di masing-masing wilayah kelurahan/desa, pembentukan PPK, pembentukan PPS sampai pemetaaan TPS.
Pernyataan tersebut diuraikan Surya di hadapan Ketua PPK Kecamatan Benteng, H. Jamaruddin yang hadir bersama Ketua PPS Benteng Utara, Muhammad Tasrip, A.Md, serta segenap jajaran Petugas pemukhtahiran data pemilih (PPDP) Benteng Utara.

Dikatakannya, rapat pleno penetapan data pemilih hasil pemukhtajiran memegang peranan penting sebagai indikator kesuksesan penyelenggaraan pemilu. Ia bahkan menyebut, delapan puluh persen kesuksesan pemilu ditentutkan dan cenderung dipengaruhi oleh validasi data yang dihasilkan dari kegiatan perekaman dan kinerja petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) sebagai ujung tombak pemuktahiran data di lapangan.

Dalam kesempatan yang sama, Surya mengingatkan, kedepan, beban tugas PPDP akan semakin sulit dan rumit, terutama menjelang dilaksanakannya perbaikan data hasil pemutakhiran dan penetapan daftar pemilih tetap (DPT).

Sejalan dengan hal tersebut, pihaknya meminta bantuan kerjasama segenap stakeholder terkait mulai dari PPD, PPS, aparat pemerintah kelurahan, PPL, dan PPK untuk bisa secepatnya merampungkan tugas pemutakhiran data pemilih dan bengkalai tahapan lainnya yang sempat terlewatkan.
Harapan akan berjalan aman dan lancarnya rapat pleno data pemilih hasil pemutakhiran (DPHP) ditempatkan di penghujung rangkaian sambutan Lurah Benteng Utara, sesaat sebelum membuka secara resmi kegiatan rapat pleno yang mengundang dan menghadirkan perwakilan panwas kecamatan, ppl, tokoh masyarakat, dan panwas kabupaten itu. (fadly syarif)
TAG