Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) mengemukakan para ulama dari Indonesia, Afganistan, dan Pakistan akan bertemu di Indonesia pada bulan Maret ini

DRADIOQU.COM - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) mengemukakan para ulama dari Indonesia, Afganistan, dan Pakistan akan bertemu di Indonesia pada bulan Maret ini. Ulama dari tiga negara itu akan membahas masalah perdamaian di Afganistan.

"Pertemuan kita harapkan menghasilkan suatu kesepakatan atau fatwa bersama mendamaikan Afganistan," kata JK usai pertemuan di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jakarta, Selasa (6/3).

Sebagaimana diketahui, JK baru pulang dari Afganistan pekan lalu. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga baru pulang dari Afganistan akhir Januari lalu.

JK menjelaskan kondisi Afganistan sudah mulai aman dan kondusif. Kelompok Taliban yang selama ini selalu menentang pemerintah sudah mulai melepaskan senjata. Mereka sudah punya keinginan untuk masuk dunia politik dan ikut pemilu.

"Afganistan setuju berdialog bagi perdamaian. Taliban masuk di dalamnya dengan tidak menggunakan senjata lagi," ujar JK.

Menurut JK, pertemuan yang akan dilakukan di Indonesia sangat penting bagi proses perdamaian di Afganistan.‎ Diharapkan akan menghasilkan fatwa ulama karena fatwa sangat didengar di Afganistan.

"Seperti di Indonesia, suara ulama sangat penting di sana. Kita harapkan sebagai payung sebelum ada pertemuan perdamaian yang lebih teknis," tutup JK.
TAG