Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan MTs hari

DRADIOQU.COM - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan MTs hari ini Senin (23/4), sempat mengalami kendala server di sejumlah sekolah.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan kendala tersebut disebabkan karena kelebihan kapasitas.
"Kapasitasnya sangat 'overload' karena tahun ini kan terjadi lonjakan peserta Ujian Nasional sangat drastis jumlah SMP yang ikut dibanding tahun lalu sehingga kapasitasnya tidak memadai yang di luar perkiraan kita," kata Muhadjir saat meninjau langsung UNBK di sejumlah sekolah di Timika, Papua, Senin (23/4).
Mendikbud mengatakan bahwa kendala gangguan server yang dialami sejumlah SMP pada pelaksanaan UNBK hari pertama tersebut hanya berlangsung selama tidak lebih dari 30 menit dan langsung ditangani, sehingga pelaksanaan UNBK dapat berjalan lancar.
"Sudah dilaksanakan, (gangguan) tidak sampai setengah jam dan sudah dilaksanakan," ujarnya.
Menurut Muhadjir, gangguan yang terjadi secara prinsip tidak mengganggu UN sendiri karena jadwal pelaksanaan UNBK 2018 sangat fleksibel dan diatur sedemikian rupa mulai dari digilir atau dibikin shift.
"Sudah kita antisipasi bahwa ada saatnya di mana ujian tidak tepat pada waktunya karena ada gangguan teknis misalnya karena masalah server atau aliran listrik," ujarnya.

TAG