Chelsea dipastikan absen di ajang Liga Champions musim 2018/19 setelah menyerah di kandang Newcastle United

DRADIOQU.COM - Chelsea dipastikan absen di ajang Liga Champions musim 2018/19 setelah menyerah di kandang Newcastle United, Sabtu (13/5). The Blues harus menang dan berharap di pertandingan lain Liverpool tumbang saat menjamu Brighton and Hove Albion untuk merebut satu tiket tersisa di Liga Champions.
Namun pasukan Antonio Conte ternyata tampil melempem di Stadion St James Park. Alih-alih menang, mereka justru tumbang dengan skor telak, 0-3. Sementara di Anfield, Liverpool memetik kemenangan telak 4-0 atas Brighton.
Chelsea pun hanya menempati posisi kelima Premier League musim ini dengan koleksi 70 poin. Mereka cuma akan tampil di ajang Liga Europa musim mendatang. 
Newcastle United memetik kemenangan telak berkat gol-gol dilesakkan Dwight Gayle pada menit ke-23 serta Ayoze Perez menit ke-59 dan 63.
Conte memasang formasi 3-4-2-1 dalam laga ini. Olivier Giroud dipercaya sebagai striker tunggal ditopang Ross Barkley dan Eden Hazard.
Di kubu Newcastle, manajer Rafael Benitez memberi kepercayaan kepada Dwight Gayle sebagai penyerang tunggal. Dalam formasi 4-2-3-1, pemain bernomor punggung 9 ini didukung Matt Ritchie, Ayoze Pérez, dan Jacob Murphy.
Meski laga ini sudah tak menentukan bagi Newcastle, pasukan Benitez ternyata tampil tetap sepenuh hati. Mereka bahkan mampu mendominasi penguasaan bola sejak menit pertama dimulai.
Serangan yang dilakukan tuan rumah akhirnya menemui hasil pada menit ke-23. Beberapa saat sebelumnya kiper Chelsea, Thibaut Courtois, berhasil mementahkan tendangan yang dilancarkan Jacob Murphy. Namun tak lama kemudian sundulan dari jarak dekat yang dilancarkan Dwight Gayle membuat jala gawang tim tamu bergetar.
Chelsea pun tertinggal 0-1. Skor ini bertahan hingga babak pertama selesai. 
Memasuki babak kedua, Newcastle menggandakan keunggulan pada menit ke-59. Gol tercipta bermula dari tendangan Jonjo Shelvey yang berbelok setelah mengenai Ayoze Perez. 
Perez mencetak gol keduanya malam itu pada menit ke-63. Shelvey kembali berperan dalam gol ini. Dia mengirimkan umpan silang dari tendangan bebas ke kotak penalti. Bola kemudian dilanjutkan Florian Lejeune. Umpan ini berhasil dimaksimalkan Perez menjadi gol.
Berkat kemenangan ini, Newcastle mengakhiri musim ini dengan bertengger di posisi ke-10 dengan koleksi 44 poin. Jumlah ini sama dengan yang dicapai Crystal Palace dan Bournemouth, namun Newcastle unggul selisih gol. 
TAG