Gogon diduga kelelahan usai menghibur dalam acara kampanye calon bupati di Lampung Utara

DRADIOQU.COM - Pelawak Gogon (Margono) tutup usia pada usia 58 tahun, Selasa pagi (15/5) di Kotabumi, Lampung. Gogon diduga kelelahan usai menghibur dalam acara kampanye calon bupati di Lampung Utara. Kepergian pelawak kelahiran Surakarta, tahun 1959 itu meninggalkan duka mendalam bagi dunia lawak Indonesia. Sejumlah rekan sesama pelawak mengungkapkan rasa turut berduka citanya, termasuk pelawak senior Indro Warkop.
“Saya pribadi merasa kehilangan atas kepergian Mas Gogon. Selain Mas Gogon, saya juga kehilangan Ki Enthus Susmono, Bupati Tegal, yang juga seorang seniman dengan tingkat komedinya yang dalam dan kritik-kritik sosia melalui komedia. Saya mendoakan semoga kedua almarhum meninggal dalam keadaan husnul khotimah, diampuni semua kesalahannya, dan diterima amal ibadahnya,” kata Indro Warkop kepada Investor Daily.
Menurut Indro, Insya Allah, Allah menerima semua amal ibadah Gogon yang selalu menghibur masyarakat. “Mas Gogon berbuat banyak untuk menghibur orang. Semoga ini (lawakan) menjadi ladang amalnya,” doa Indro.
Apalagi sebagai seniman tradisi, Gogon dinilai Indro kerap tidak mementingkan uang. “Bagi seniman tradisi seperti Mas Gogon, yang penting bagaimana bisa menghibur dan berhasil manggung. Sebagai seniman tradisi, dia masih berjaya di masa kini, itu sebuah legend,” puji Indro. Satu lagi, “Dia tipikal seniman tradisi yang tanpa pamrih,” nilai Indro.
Umur memang rahasia Allah, namun Indro berpesan kepada pekerja entertainment, baik pelawak modern maupun pelawak tradisional, untuk selalu menjaga kesehatan. “Buat saya, hidup ini jangan pernah keluar dari keseimbangan. Kita harus seimbang, baik input (makanan sehat) maupun output (BAB, dan lain-lain). Juga jangan lupa cukup istirahat, olahraga. Ketika empat ini seimbang, Insya Allah kita sehat. Tetapi kadang sehatnya kita berbeda dengan Allah. Walaupun kita sudah berusaha hidup sehat, tetapi Allah juga yang menentukan,” pesan Indro.

TAG