Jika rambut kamu terlalu sering bersentuhan dengan bahan kimia

DRADIOQU.COM - Jika rambut kamu terlalu sering bersentuhan dengan bahan kimia atau alat pemanas seperti alat catok rambut dan hairdryer, ada kemungkinan rambut kamu rentan akan masalah. 
Permasalahan rambut yang umumnya dihadapi yaitu rambut yang rapuh atau rontok, kasar, kulit kepala gatal, mudah kusut, dan sulit ditata. 
Tak hanya itu, paparan sinar matahari, debu, dan polusi ternyata juga memberikan dampak yang tidak baik untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Untuk mengatasinya, kamu dapat melakukan perawatan dengan bahan alami untuk mengembalikan kesehatan rambut. Tidak hanya bebas dari berbagai kandungan kimia, bahan alami juga aman digunakan serta memiliki khasiat alami yang jauh lebih baik untuk rambut kamu. Bahan alami apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini, ya.
Alpukat
Buah yang satu ini memang telah dikenal kaya akan berbagai kandungan baik untuk kesehatan dan kecantikan. Alpukat kaya akan vitamin, asam lemak esensial, dan mineral yang bermanfaat dalam mengurangi rambut rontok. Tak hanya itu, alpukat juga dapat digunakan sebagai kondisioner untuk mempercepat proses pertumbuhan rambut serta menghaluskan rambut.
Cara penggunaan: blenderlah ½ bagian hingga 1 buah alpukat matang dengan 1 hingga 2 sendok teh minyak zaitun sampai kamu mendapatkan konsistensi yang halus. Aplikasikan pada rambut, lalu biarkan selama sekitar 1 jam. Kemudian, bilas hingga bersih. Ulangi seminggu sekali untuk rambut rusak dan sebulan sekali untuk rambut sehat. Perawatan rambut rutin dengan masker alpukat ini juga dapat membantu mencegah kerusakan serta kerontokan rambut di masa yang akan datang.
Baca Juga: Ini Dia 5 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan yang Banyak Orang Belum Tahu!
Jambu Biji
Daun jambu biji yang sering digunakan sebagai obat alami dalam mengatasi diare ini ternyata memiliki khasiat lain untuk kesehatan rambut. Daun jambu biji kaya akan kandungan vitamin C serta anti-oksidan. Kandungan tersebut dapat bermanfaat untuk mencegah rambut menjadi kering dan rusak akibat paparan sinar matahari dan radikal bebas. Daun dari tanaman jambu biji juga bermanfaat dalam meningkatkan kilau rambut dan menenangkan kulit kepala yang gatal.
Cara penggunaan: rebuslah beberapa lembar daun jambu biji hingga air rebusan menjadi keruh. Setelah itu, diamkan hingga air rebusan ini mendingin. Aplikasikan air rebusan daun jambu biji ke kulit kepala dan tiap helaian rambut kamu. Biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan ini setidaknya dua kali dalam seminggu secara rutin agar masalah rambut rontok kamu teratasi. Rambut juga akan menjadi lebih sehat dan berkilau.
Lidah Buaya
Lidah buaya yang populer akan manfaatnya untuk kecantikan kulit ini ternyata juga dapat membuat rambut menjadi lebih sehat, lho. Gel dari tanaman lidah budaya yang baru dipotong bersifat anti-bakteri dan anti-jamur yang berguna untuk menghilangkan gatal dan kulit kepala yang kering. Bahan alami ini juga mengandung asam amino, vitamin C, dan vitamin E yang baik untuk rambut kamu.
Cara penggunaan: oleskan gel dari tanaman lidah buaya langsung pada kulit kepala dan rambut kamu. Biarkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi perawatan ini tiap seminggu sekali.
Pisang
Tak hanya dapat melembapkan kulit, pisang juga memiliki khasiat mengagumkan bagi rambut kamu. Kandungan potasium, vitamin, minyak alami dan kadar air yang tinggi dalam pisang dapat membantu melembutkan rambut, memperbaiki rambut yang rusak, dan juga memberikan nutrisi ekstra bagi rambut.
Cara penggunaan: haluskan 1 buah pisang dengan 1 sendok makan minyak zaitun. Lalu pijatlah campuran ini ke rambut dan kulit kepala kamu. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih dan lanjutkan dengan pemakaian sampo seperti biasa. Ulangi tiap minggu atau dua minggu sekali
Minyak Kelapa
Rambut kamu kasar dan susah diatur? Minyak kelapa dapat menjadi solusinya. Kelapa kaya akan asam laurat, yang bermanfaat untuk melembapkan rambut yang kering dan kasar. Minyak kelapa dapat dengan mudah menembus jauh ke dalam batang rambut, mencegah kutikula rambut menjadi rusak, dan menutrisi tiap helaian rambut kamu.
Cara penggunaan: pijatlah minyak kelapa pada kulit kepala kamu setiap hari, atau minimal 3 kali seminggu, selama sekitar 5 menit. Biarkan semalaman. Bilas rambut kamu keesokan paginya dengan sampo hingga bersih. Memijat kulit kepala kamu dengan minyak kelapa murni akan membantu menjadikan rambut kamu jauh lebih sehat.
TAG