MENJAGA kesehatan reproduksi bagi perempuan sangat penting. Salah satu penyakit yang banyak menyerang perempuan adalah kista

DRADIOQU.COM - MENJAGA kesehatan reproduksi bagi perempuan sangat penting. Salah satu penyakit yang banyak menyerang perempuan adalah kista. Penyakit yang satu ini sering tidak disadari kehadirannya oleh si penderita dan bahkan menghilang sebelum dia mengetahui adanya kista tersebut
Tapi, sebenarnya apa itu kista? Pada dasarnya kista dimiliki setiap manusia, baik pria maupun wanita. Akan tetapi, kista yang ada di dalam tubuh pria tidak berpotensi untuk menjadi sebuah penyakit. Sedangkan pada wanita kista berpotensi menjadi penyakit yang berbahaya apabila mulai aktif di dalam tubuh perempuan.
Kista adalah struktur jaringan abnormal seperti kantung yang mengandung gas, zat cair, atau benda semi-padat, dan memiliki dinding luar berbentuk seperti kapsul. Ukuran kista beragam, ada yang kecil dan hanya bisa dilihat melalui mikroskop, ada juga yang berukuran sangat besar. Kista dapat tumbuh di bagian tubuh manapun.
Gejala Kista
Benjolan kista mungkin dapat anda rasakan, terutama yang berlokasi di kulit atau jaringan di bawah kulit. Karena gejala kista tidak sering timbul, kista umumnya baru diketahui saat penderita menjalani pemeriksaan ultrasonografi (USG), X-ray, atau CAT scan. Gejala kista berbeda-beda sesuai dengan ukuran dan lokasinya.
Jenis penyakit kista sangat banyak dan umumnya dinamai sesuai lokasinya. Beberapa jenis yang sering ditemukan adalah kista ovarium, kista payudara, kista hati, kista ginjal, kista pankreas, kista vagina, kista kulit, kista tiroid.
Sama seperti gejalanya, penyebab penyakit kista berbeda-beda sesuai jenis dan lokasinya. Namun, penyebab umumnya antara lain, infeksi, tumor, pembengkakan kronis, warisan genetik, serta kelainan perkembangan pada janin.

TAG