Pedati milik Pangerang Walangsungsang ini paling bersejarah



DRADIOQU.COM - Pedati milik Pangerang Walangsungsang ini paling bersejarah. Berada di Cirebon, Jawa Barat, pedati yang dibuat pada 1371, konon dikerjakan cuma semalam.
Pangerang Walangsungsang atau sebutan lain Pangeran Cakrabuana adalah anak Prabu Siliwangi Padjajaran, saudara kandung Kian Santang.
Nah, pedati itu juga memiliki nama, yaitu Ki Gede Pedati. Rumah tempat pedati berada juga memiliki juru kunci. Ia seorang perempuan bernama Taryi. Ia generasi ke-14 yang menjadi juru kunci pedati.
Taryi mengatakan dulu Ki Gede Pedati Pekalangan ini ditarik oleh seekor kerbau bule, jalannya bukan di darat melainkan terbang.
Pedati ini adalah alat transportasi Sang Pangeran dalam penyebaran agama Islam di pesisir utara Pulau Jawa.
Pada masa pemerintahan Sultan Cirebon kedua yakni Sunan Gunung Jati, Ki Gede Pedati banyak digunakan untuk mengangkut material pembangunan Masjid Agung Sang Cipta Rasa.
Ini adalah pedati terbesar yang pernah ada. Taryi bilang pedati ini semula dibuat dengan panjang 15 meter, lebar 2,5 dan tinggi 3 meter dengan 12 roda dan 1 roda bisa sampai tinggi 2 meter ini adalah pedati yang terbesar di dunia.
Akibat kebakaran yang melanda desa ini pada 1900 awal, beberapa bagian pedati rusak dan kini setelah dirakit ulang menggunakan sisa yang utuh, panjangnya jadi tinggal 8.9 meter dengan 8 roda, sayang yah!



TAG