Polda Metro Jaya siap melakukan pengamanan untuk menciptakan situasi kondusif

DRADIOQU.COM - Polda Metro Jaya siap melakukan pengamanan untuk menciptakan situasi kondusif selama Bulan Suci Ramadan, di Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya. Polisi telah menyiapkan antisipasi dan memetakan lokasi-lokasi yang rawan terjadinya pelanggaran tindak pidana, semisal tawuran.
Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, Polda Metro Jaya telah melakukan rapat koordinasi baik internal maupun eksternal dengan pemangku kepentingan lain terkait pengamanan Ramadan. Termasuk melakukan pemetaan soal kerawanan, seperti tawuran dan balapan liar yang kerap terjadi jelang waktu sahur.
"Antisipasinya polisi siapkan patroli subuh. Kemudian, mengajak warga untuk mencegah tawuran," ujar Argo, Kamis (17/5).
Dikatakan, sebelum bulan Ramadan, polisi juga telah melakukan berbagai kegiatan operasi terkait cipta kondisi, seperti razia minuman keras ilegal
"Kemarin sudah ada seperti operasi miras sudah kita lakukan. Polres masih sampai sekarang melaksanakan operasi, dan itu bagian dari pada penyakit masyarakat yang harus dibasmi, harus ditangkap, sehingga kegiatan bulan Ramadan dapat dilakukan dengan lancar," ungkapnya.
Sementara itu, Polres Metro Jakarta Selatan, telah menggelar Apel Tiga Pilar (TNI, Polri, Pemkot) dan Pokdarkamtibmas dalam rangka menjaga situasi keamaanan serta ketertiban masyarakat selama bulan Ramadan, Rabu (16/5) kemarin.
Kapolres Metro Jakarta Selatan Komisaris Besar Polisi Indra Jafar mengatakan, pihaknya telah membentuk Pokdarkamtibmas Anti Tawuran. Kelompok masyarakat itu diharapkan dapat ikut menciptakan situasi yang aman dan kondusif selama bulan Ramadhan agar umat muslim dapat menjalan ibadah dengan khusuk.
"Agar segera memberikan informasi konflik-konflik kecil yang terjadi di masyarakat kepada Babinkamtibmas agar bisa segera ditindaklanjuti sehingga tidak terjadi tawuran yang lebih besar. Mari sama-sama kita jaga situasi Kamtibmas wilayah Jakarta Selatan agar kita dan masyarakat bisa melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan ini dengn baik," katanya.
Ia menyampaikan, agar semua pihak sama-sama memberantas dan melawan aksi terorisme yang sedang terjadi akhir-akhir ini.
"Tidak perlu takut semua harus tenang dan berikan informasi sekecil apapun apabila melihat ada aliran-aliran yang sesat di lingkungan kita. Persempit ruang gerak teroris," tandasnya.
Pada apel itu hadir Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi, Kasdim Kodim 05/04/JS Mayor Sunarko, Pejabat Utama Polres Metro Jakarta Selatan, Kapolsek jajaran Polres Metro Jakarta Selatan, Camat dan Lurah wilayah Jakarta Selatan.
TAG