Tidak terasa kita sudah bertemu lagi dengan bulan Ramadan 2018

DRADIOQU.COM - Tidak terasa kita sudah bertemu lagi dengan bulan Ramadan 2018 ini. Menjelang pelaksanaan puasa Ramadan 2018 yang sudah ditetapkan oleh sidang Isbat bahwa awal puasa Ramadan 2018 jatuh pada hari Kamis, 17 Mei 2018, maka tidak lengkap jika tidak diiringi dengan doa niat puasa Ramadan.
Meluruskan niat berpuasa memang harus didasari dan dimulai dari hati, karena amal perbuatan tidak akan sia-sia jika sudah diawali dengan niat yang baik. Niat puasa Ramadan sebenarnya bisa dilakukan dan dikuatkan di dalam hati, namun juga bisa dilafazkan secara lisan.
Seperti yang disebutkan di dalam Al Qur'an (surah Al-Baqarah ayat 183): Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa”
Ada dua doa niat puasa bulan Ramadan, yaitu niat puasa harian untuk puasa esok hari, dan niat puasa Ramadan untuk sebulan penuh selama Ramadan.
Niat Puasa Ramadan Esok Hari: 
نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى
-Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhona haadzihis-sanati lillahi ta'ala.-
Artinya : "Sengaja saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan puasa fardhu di bulan Ramadan tahun ini karena Allah Ta'ala."
Niat Puasa Ramadan Satu Bulan Penuh:
نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ كِلِّهِ لِلَّهِ تَعَالَى
-Nawaitu shauma syahri ramadhona kullihi lillaahi ta’ala.-
Artinya: "Sengaja saya niat berpuasa selama satu bulan penuh pada bulan Ramadan tahun ini karena Allah Ta'ala."
Niat puasa Ramadan bisa dimulai pada malam hari sebelum tidur. Jadi, jangan lupa untuk mulai melafazkan doa niat puasa Ramadan mulai sekarang ya. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 2018 ya ladies dan keluarga, semoga bulan Ramadan ini bisa menjalankan dengan baik dan bisa mendapat berkah. Amin.

TAG