Presiden AS Donald Trump menyatakan hanya membutuhkan waktu satu menit

DRADIOQU.COM - Presiden AS Donald Trump menyatakan hanya membutuhkan waktu satu menit saja untuk mengetahui keseriusan Pemimpin Korea Utara untuk membangun perdamaian.
Laman afp.com, Sabtu (9/6), menuliskan Trump menyampaikan pernyataannya kepada media sesaat sebelum memulai perjalanan panjangnya ke Singapura.
Sejauh ini, Trump mengatakan bahwa kontak antara negosiator AS dan Korea Utara sangat positif dalam membangun pertemuan bersejarah pada Selasa (12/6) mendatang.
Sedangkan tentang prospek keberhasilannya mengatakan sebagai wilayah yang masih gelap. “Tapi saya benar-benar merasa percaya diri," kata Trump ketika dia bersiap-siap meninggalkan KTT G7 yang sedang berlangsung di Kanada.
"Saya merasa bahwa Kim Jong Un ingin melakukan sesuatu yang hebat untuk rakyatnya dan dia memiliki kesempatan itu ... Ini adalah satu kali tembakan," katanya pada konferensi pers, dan menambahkan bahwa Korea Utara telah bekerja "sangat baik dengan kita" menjelang pertemuan di Singapura.
Trump dan Kim akan mengadakan pertemuan AS-Korea Utara pertama di Singapura. Pemimpin Amerika itu berharap rekannya akan mencabut program senjata nuklirnya dengan imbalan jaminan keamanan.
Presiden AS adalah pemimpin pertama dari G7 yang meninggalkan puncak acara di Kanada. Ia telah memberi pengarahan kepada rekan-rekannya dalam pertemuan tersebut.
"Saya sedang dalam misi perdamaian dan kami akan membawa hati jutaan orang,” katanya. "Kita harus mendapatkan denuklirisasi, kita harus mendapatkan sesuatu."
Ditanyakan berapa lama waktu yang dibutuhkan baginya untuk mengetahui Kim serius untuk kesepakatan damai, Trump menjawab: "Saya pikir dalam satu menit pertama saya akan tahu.”
"Saya pikir saya akan tahu cukup cepat, menurut saya, sesuatu yang positif akan terjadi. Dan jika saya pikir itu tidak akan terjadi, saya tidak akan membuang-buang waktu.”

TAG