Saatnya Anda bersiap untuk mudik lebaran

Dradioqu.com - Saatnya Anda bersiap untuk mudik lebaran. Libur lebaran yang lebih banyak dan lebih awal daripada tahun sebelumnya tentu membuat lebaran kali ini jauh berbeda. Pada lebaran kali ini, para pemudik diperkirakan sudah berduyun-duyun menuju kampung halaman mulai Jumat malam, 8 Juni 2018, atau sepekan sebelum hari raya Idul Fitri.
Nah, jika tahun ini kamu memilih mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi ada baiknya persiapkan segalanya lebih matang. Jangan sampai rencana mudik kamu berantakan karena kurang persiapan. Berikut ini adalah tips untuk menyiapkan mudik dengan kendaraan pribadi yang perlu kamu perhatikan. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.
  1. Pastikan kamu memeriksa mesin kendaraan, apakah terdengar normal atau tidak. Pastikan juga untuk mengecek minyak rem, minyak kopling, oli dan air radiator. Usahakan semua kamu cek dengan benar.
  2. Melihat kondisi lampu depan mobil, lampu rem yang ada di belakang, lampu sein, dan cek bagian soket pada bagian lampu depannya. Kondisi lampu ini akan sangat berguna saat kamu berkendara di malam hari.
  3. Pastikan wiper mobil masih berfungsi dengan sempurna. Jangan lupa memastikan bagian karet wiper masih bagus dan mampu membersihkan kaca mobil dengan cepat.
  4. Pastikan kondisi ban mobil dalam keadaan baik. Jangan segan untuk mengganti ban yang sudah botak agar perjalananmu nyaman dan jauh dari kecelakaan akibat kondisi ban buruk.
  5. Meskipun kondisi ban mobil sudah kamu periksa dan baik, bukan berarti kamu tidak menyiapkan ban serep.
  6. Siapkan dongkrak, kotak P3K, serta alat darurat lainnya. Perangkat tersebut sangat dibutuhkan saat kendaraan kamu mengalami masalah.
  7. Agar perjalanan mudik menyenangkan, pastikan kondisi AC mobil berfungsi dengan baik.
  8. Agar tenang ada baiknya kamu mengetes kondisi mobil, dalam keadaan baik atau tidak.
  9. Pastikan penumpang dan muatan mobil tidak melebihi kapasitasnya agar perjalanan kamu tetap menyenangkan.
  10. Jangan lupa untuk beristirahat 3-4 jam saat tubuh mulai lelah, hal ini membantu mengembalikan stamina kamu.
TAG