Tidur menjadi salah satu hal penting bagi manusia


DRADIOQU.COM - Tidur menjadi salah satu hal penting bagi manusia. Saat tidur adalah saatnya tubuh melakukan regenerasi atas sel-sel yang rusak dan mengisi kembali energi yang terkuras setelah beraktivitas seharian.

Tidur lama terkadang memang terasa menyenangkan. Bahkan, sebuah penelitian pernah mengatakan tidur lebih lama di akhir pekan ketika kamu kurang tidur di hari biasa, bisa memperpanjang umur.

Namun, tidur terlalu lama ternyata tidak baik bagi tubuh. Bahkan, beberapa penyakit yang berkaitan dengan pernapasan dan otak bisa timbul hanya karena tak bisa menahan nafsu untuk masuk ke dalam dunia mimpi lebih lama lagi.

Salah satu masalah yang timbul akibat terlalu lama tidur, terutama di siang hari, adalah sulit tidur di malam hari. Tidak hanya itu, tubuh juga akan terkena masalah pernapasan ketika waktu tidur.

"Mereka yang memiliki masalah apnea (masalah pernapasan yang kerap terjadi) saat tidur dan tidak terobat, memiliki kecenderungan untuk kesiangan. Kita tahu bahwa apnea yang tidak terdiagnosis dan tidak diobati juga mengarah pada penyakit jantung dan stroke," kata psikolog klinis, Michael Breus seperti dikutip dari Reader's Digest pada Kamis (7/6/2018).

Dia juga menambahkan, permasalahan lain seperti sakit perut bisa saja muncul dikarenakan hal ini.

Tidak hanya karena tidur terlalu lama. Kesulitan tidur di malam hari juga bisa disebabkan oleh lingkungan yang tidak cukup gelap atau tenang. Bahkan hal ini bisa menyebabkan itu menjadi bertambah parah. Bahkan, gertakan gigi yang bersuara kecil saja juga sulit membuatmu tidur.

Maka, penting bagi tubuh untuk tetap tidur cukup setiap harinya. Selain itu, jangan lupa mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi seimbang agar tubuh tetap terasa segar dan tidak mengantuk di siang hari.

Namun, jika kamu masih saja mengantuk sekalipun telah memiliki waktu tidur yang cukup, hubungi dokter untuk mengetahui penyebabnya.
TAG