Gol semata wayang yang dicetak Forsberg di menit 66 memastikan kemenangan tipis Swedia

DRADIOQU.COM - Striker Swedia Emil Forsberg menjadi pembeda dalam laga melawan Swiss di babak 16 besar Piala Dunia 2018. Gol semata wayang yang dicetak Forsberg di menit 66 memastikan kemenangan tipis Swedia atas Swiss di Saint Petersburg Stadium, Selasa (3/7).
Forsberg juga menjadi penyelamat setelah menahan bola sundulan Breel Embolo di depan mulut gawang.
Kemenangan ini membuat Swedia untuk kedua kalinya setelah tahun 1958 melenggang ke babak perempat final Piala Dunia.
Kemenangan diraih dengan tidak mudah oleh Swedia yang bisa dikatakan menghadapi tekanan sepanjang 90 menit. Mereka kalah dalam penguasaan bola (33%-67%). Total ada 25 tendangan, 14 diantaranya dilakukan Swiss dimana tiga diantaranya mengarah ke gawang. Sedangkan Swedia hanya melakukan dua tendangan mengarah ke gawang.
Solidnya pertahanan Swedia membuat Swiss kesulitan. Meski tertekan, Swedia setidaknya memiliki dua peluang emas. Diantaranya sepakan kerasnya Dzemaili di menit 39 dari depan kotak melesat ke atas mistar. Lalu dua menit kemudian Ekdal membuang peluang setelah sepakannya menyambar umpan silang Lustiga melambung jauh padahal ia sudah berdiri tanpa kawalan di mulut gawang .
Tekanan Swiss ke pertahanan Swedia berlanjut di babak kedua. Swedia kesulitan mengimbang lini tengah Swiss yang dikawal oleh Xhaka dan Behrami.
Meski tertekan, Swedia berhasil mencuri gol. Sepakan keras Forsberg dari depan kotak meluncur deras ke gawang namun sebelumnya membentur pemain belakang Swiss dan sedikit berubah arah. Kiper Yann Sommer pun terpedaya di menit 66.
Tertinggal Swiss kian menggencarkan serangan. Aksi Xherdan Shakiri beberapa kali merepotkan pertahanan Swedia meski kemudian masih mampu dikendalikan. Satu peluang emas Swiss terjadi di menit 79 ketika sundulan Ebolo menyambut tendangan sudut mampu diblok Forsberg.
Swedia nyaris mendapat hadiah penalti ketika Olsson dijatuhkan Michael Lang di area penalti. Wasit memberikan kartu merah buat Lang dan menunjuk titik putih. Namun kemudian wasit meminta bantuan VAR untuk melihat insiden tersebut. Keputusan penatli dianulir karena insiden terjadi di luar kotak penalti.
Sampai peluit panjang berbunyi, skor tetap 1-0 untuk kemenangan Swedia.
TAG