Liburan ke tempat yang baru pertama kali dijelajahi rasanya kurang lengkap kalau nggak sambil mencicipi kuliner

DRADIOQU.COM - Liburan ke tempat yang baru pertama kali dijelajahi rasanya kurang lengkap kalau nggak sambil mencicipi kuliner yang ada di daerah tersebut. Jika sedang menikmati liburan bersama keluarga di Cirebon misalnya, ada banyak kuliner khas yang dijamin bikin kamu merindukan Kota Udang yang satu ini. Yuk, intip dulu daftarnya di sini!

Tahu Gejrot

Makanan ini mungkin sudah menjadi salah satu kuliner paling dicari saat berkunjung ke Cirebon. Tahu gejrot ini sendiri sebenarnya adalah tahu goreng yang dipotong-potong kemudian disiram saus asam, manis, asin, pedas yang menggugah selera. Nggak heran kalau banyak wisatawan yang suka banget dengan kuliner satu ini.

Nasi Lengko

Nasi lengko memang sekarang sudah bisa dibeli di mana saja. Tapi, sensasinya bakal terasa beda kalau langsung mencicipi dari kota asalnya, Cirebon. Ajak keluarga menikmati kombinasi olahan nasi putih yang ditaburi potongan tauge, kol, tempe dan disiram saus kacang serta kecap. Banyak penjual nasi lengko yang bisa ditemukan di berbagai sudut kota, jadi jangan lupa mampir, ya!

Empal Gentong & Empal Asem

Kedua kuliner ini sebenarnya merupakan hidangan berkuah yang mirip dengan soto. Bedanya, jika empal gentong memiliki kuah santan kuning yang terasa gurih. Sementara itu, empal asem berkuah bening dengan cita rasa blimbing wuluh yang khas. Setelah capek jalan-jalan keliling wisata Cirebon, istirahat sambil menikmati kelezatan empal gentong dan empal asem pastinya bakal terasa nikmat.

Bubur Sop

Sajian ini sebenarnya nggak jauh berbeda dari namanya, yaitu bubur yang disiram dengan kuah sop. Cita rasa kuah sop yang gurih membuat sensasi menikmati hidangan ini jadi makin terasa menyenangkan. Apalagi jika dicicipi malam hari, pas banget untuk menghangatkan tubuh.

Gado-Gado Ayam

Kuliner yang satu ini punya sisi keunikannya tersendiri, karena mirip dengan kombinasi lontong kari dan kupat tahu. Nah, makin penasaran kan dengan keunikan cita rasanya? Kalau bagi yang belum terbiasa, mungkin akan terdengar aneh. Tapi, soal cita rasa jangan dipandang sebelah mata dulu deh. Kuliner yang berisi potongan lontong, irisan tahu goreng, ayam suwir, kerupuk, emping, saus kacang dan kuah soto kuning ini ternyata punya kelezatan yang bikin nagih. Coba deh ajak keluarga tercinta mencicipinya!

Nasi Jamblang

Sekilas mungkin kuliner ini mirip dengan nasi campur biasa. Tapi, soal kelezatan jangan ditanya deh. Isiannya biasanya berupa nasi putih dengan aneka lauk, seperti tempe, telur dadar, tahu bacam, hingga jengkol lalu dibungkus dengan daun jati. Saking populernya kuliner tersebut, nggak hanya warung kecil saja yang menjualnya. Kamu juga bisa menemukannya di restoran sampai hotel berbintang.
Itu tadi deretan kuliner khas Cirebon yang bakal bikin keluarga ketagihan. Jadi, sudah siap melakukan penjelajahan seru di Cirebon bersama keluarga tercinta? Sebelum itu, pastikan kamu sudah mempersiapkan perjalanan dengan tepat. Selain merencanakan itinerary, pastikan juga kamu sudah menemukan hotel di Cirebonyang sesuai budget seperti Airy Rooms.

TAG