PARADE TAMBUA&TANSA MINANGKABAU DI ACARA CAR FREE DAY



DRADIOQU.COM -  Acara besar Festival Danau Maninjau 2018 telah resmi dimulai dan di perkenalkan ke masyarakat Indonesia,melalui perhelatan Parade 100  (seratus ) Tambua & Tansa Minangkabau yang bergema menggemparkan langit pagi Kota Jakarta.pada minggu pagi 08/07/18. diarena car free day Thamrin Bundaran HI,arak arakan 100 (seratus) Tambua &Tansa itu mengiringi 2 (dua )pasang pengantin serta di susul oleh 100  (seratus ) orang pendukung acara lainnya yang berseragam kaos merah biru dan topi berlogo Festival Danau Maninjau. Para peserta juga membawa spanduk dan selebaran brosur yang dibagikan kepada masyarakat yang sedang berolahraga. aktivitas ini memberikan pesan yang kuat menghimbau dan mengundang kepedulian semua pihak untuk penyelamatan dan pelestarian Danau Maninjau. 

Henry Harmen, Ketua Umum Badan Musyawarah perantau, ketika di temui mengatakan,bahwa kami menggelar Parade Tambua & Tansa Minangkabau ini dalam rangka mengundang perhatian dan simpati masyarakat luas untuk bergabung bersama turut peduli dan berpartisipasi dalam gerakan Danau Maninjau. 
Danau Maninjau wajib kita selamatkan akibat dari kegiatan Karamba Jaring Apung (KJA) yang ternyata over capacity dan ekses negatif terhadap penurunan kualitas air bahkan pencemaran lingkungan. Kami para Tokoh Masyarakat Danau Maninjau yang ada di Jakarta dan sekitarnya, sudah lebih dari 4 (empat )tahun berjuang untuk pelestarian Danau Maninjau dengan melibatkan berbagai pihak termasuk pemerintah daerah Kabupaten Agam dan Provinsi Sumbar. 
Berbagai kegiatan dalam kurun waktu tersebut telah kami lakukan antara lain, melakukan riset analis lingkungan. himbauan dan sosialisasi penyelamatan Danau, serta aksi nyata pembersihan air permukaan Danau Maninjau dari sampah KJA, ikan mati dan eceng gondok yang semakin rimbun.
Perjuangan itu perlu kami lanjutkan dan gaungkan lebih luas di level nasional demi kelestarian Danau Maninjau untuk generasi yang akan datang. demikian ungkap nya. 
TAG