Perhatian warga Inggris tertuju ke satu hal, semi final melawan Kroasia di Piala Dunia Rusia 2018

DRADIOQU.COM Perhatian warga Inggris tertuju ke satu hal, semi final melawan Kroasia di Piala Dunia Rusia 2018 yang akan dimainkan Kamis dini hari nanti. Bagi warga Inggris, melaju ke semifinal adalah pencapaian yang menimbulkan euforia luar biasa. Lebih luar biasa lagi jika Inggris mampu membawa pulang Piala Dunia ke rumah.

Namun, tanpa Piala Dunia pun, Inggris sudah memenangkan sesuatu hal yang lebih berharga: nyawa 12 anak tim sepakbola Babi Liar (Wild Boar) dan pelatih mereka yang terperangkap di sebuah gua di Thailand.

Tim penyelam asal Inggris menjadi kunci penting proses evakuasi yang berakhir dengan bahagia. Berkat mereka, semua anak dan pelatih mereka berhasil diselamatkan setelah terperangkap selama 18 hari.

Vernon Unsworth adalah yang pertama sampai di tempat kejadian. Unsworth berasal dari St Albans tetapi lama tinggal di Thailand. Unsworth adalah penyelam profesional yang berhasil membujuk otoritas Thailand untuk meminta bantuan dari Inggris.

Thailand menyetujui rencana Unsworth. Unsworth lalu mengontak dua temannya, John Vonlanthen (47), konsultan TI di Bristol, dan Rick Stanton (56), seorang pemadam kebakaran.

Bill Whitehouse, wakil ketua British Cave Rescue, menyebut Vonlanthen dan Stanton sebagai "the A Team". Pada tahun 2011, pasangan ini memecahkan rekor penyelaman gua sejauh 9 km di Spanyol.

Setelah 10 hari, Vonlanthen dan Stanton menemukan para anak dan pelatih mereka terperangkap, tetapi hidup, sekitar 4 kilometer dari mulut gua.

Di permukaan, operasi penyelamatan gua ini disupervisi Robert Harper (70). Ketika Harper meninggalkan Thailand, dia diberikan penghormatan layaknya pahlawan.

Chris Jewell dan Jason Mallison ikut membantu evakuasi. Mallison pernah menyelamatkan enam penyelam dari gua Cueva de Alpazat di Meksiko. Tim Acton, warga Inggris yang sudah lama tinggal di Thailand, juga ikut membantu evakuasi.

Tim dari Inggris juga dibantu personel dari Thailand, Belgia, Denmark, Australia, Kanada, dan Finlandia. Salah seorang marinir dari Thailand, Saman Gunan, meninggal dunia dalam operasi tersebut karena kehabisan oksigen.

Lord Ashcroft, mantan politisi Partai Konservatif, menyarankan Stanton dan Vonlanthen diberikan penghargaan tertinggi untuk warga sipil Inggris, George Cross.

Pebisnis Tracey Follows menyarankan agar para penyelam Inggris diberikan gelar ksatria.

Mantan kapten tim kriket Inggris Michael Vaughan mengatakan, "Bangga atas prestasi timnas sepakbola Inggris, tetapi itu hanya olahraga. Lebih bangga atas tujuh penyelam Inggris yang membantu menyelamatkan jiwa anak-anak yang terperangkap di Thailand".


TAG