SERAH TERIMA DAN UPACARA PERESMlAN SERTA PENGUKUHAN KOMANDAN KRI ALBAKORA-867


DRADIOQU.COM -Kepala Staf Angkatan Laut ( KASAL ) Laksmana TNI Siwi Sukma  Adji, SE, MM siang tadi memimpin Upacara Serah terima, peresmian dan penukuhan kepala Patroli berjenis PC - 40 KRI AIbakora-867, bertempat di Dermaga Batavia Sunda Kelapa Marina, Jakarta Utara, Senin (9/7/2018). Alutsista baru milik TNI AL ini merupakan salah satu kapal perang karya anak bangsa yang diproduksi oleh PT Caputra Mitra Sejati Banten.


Kapal patroli cepat PC-4O ini memiliki spesifikasi panjang 45,5 meter, lebar 7,9 meter, bobot 220 ton. dengan kecepatan maksimal 25,6 knot, kecepatan jelajah 18 knot dan kecepatan ekonomis 15 knot. Dengan jumlah ABK sebanyak 36 personel, kapal ini juga dilengkapi dengan dua Unit radar (JRC JMR-9225~6XN dan JRC JMA-9122-6XA). Selain itu, kapal ini memiliki ketahanan (endurance) dalam kemampuan layar selama enam hari.


Pemberian nama Albakora diambil dari nama sejenis Ikan Tuna Putih yang memiliki karakteristik kecepatan dan ketahanan dalam berenang, yang tentunya memberi makna Mendalam sesuai dengan fungsi asasinya sebagai kapal patroli yang mampu bermanuver Secara cepat. Rencananya KRI AIbakora-867 akan memperkuat Satuan Patroli Komando Armada-III.


Dalam kesempatan tersebut Kasal Laksamana Siwi Sukma Adji. S.E., M.M.,akan melantik dan mengukuhkan Komandan KRI AIbakora-867 Mayor Laut (P) Sony Sartantyo, yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Ke-51 tahun 2005, yang sebelumnya berdinas sebagai Palaksa KRI Ajak-653 Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmada II.
Keberhasilan membangun kapal PC-40 ini, merupakan wujud peran TNI Angkatan Laut dalam memberdayakan kemampuan industri dalam negeri guna mengurangi ketergantungan terhadap produk luar negeri. Keberhasilan ini juga merupakan salah satu ‘ solusi konkrit bagi Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) dalam mengurangi ketergantungan dari negara lain terkait dengan pengadaan alutsista TNI Angkatan Laut di masa mendatang.
TAG