siapa sih yang tidak ingin memiliki tubuh ideal

Dradioqu.com siapa sih yang tidak ingin memiliki tubuh ideal, apalagi bagi para perempuan. Bahkan, salah satu alasan perempuan tidak percaya diri ialah karena bentuk tubuhnya yang kurang ideal.

Ketidak percayaan diri karena bentuk tubuh dialami Dessy Christina. Dari situlah ia bersikeras untuk menurunkan bobot tubuhnya agar kepercayaan dirinya kembali meningkat.
“Aku waktu itu malu karena tubuh kurang ideal, bahkan sampe ditahap aku tidak percaya diri untuk ngaca dan ketemu orang. Akhirnya tanpa membicarakan dengan orang lain, aku mulai mengurangi berat badan,” ujarnya ketika dihubungi redaksi Vemale.com.
Lewat akun Instagtam @odelia.kirana, Dessy pun membagikan kiatnya menurunkan berat badan dengan tujuan menginspirasi banyak ibu, karena menurutnya tidak ada alasan untuk tidak cantik dan tidak kurus bagi para ibu.
“Tua itu sudah pasti, sehat dan cantik itu pilihan. Aku share di Instagram karena aku sebagai ibu satu anak nggak ada alesan buat nggak cantik dan nggak kurus,” tambahnya.
Memulai diet dengan olahraga
Dalam Instagram tersebut ia menceritakan, awal mula berkeinginan untuk diet ketika September 2017, saat usia 29 tahun dengan usia anak 3 tahun. Awalnya Dessy hanya memberanikan diri untuk mengikuti olahraga karena ia baru memiliki satu anak.
“Anakku baru satu, walaupun kebanyakkan temen aku tau kalau aku dan suami pengen punya anak perempuan satu aja. Tapi tetaplah takut kalau tiba-tiba aku hamil terus pas sedang mengonsumis obat kurus atau suntik kurus terus aku hamil kan ngeri juga. Aku urus Kira (nama anakku) sendiri dan tahun kemarin dia sudah mulai sekolah rasanya kalo gym pasti gak akan rutin dan banyak waktu aku kesita nantinya. Akhirnya awal Oktober aku mulai Muaythai,” tulisnya.
Menurutnya mengikuti olahraga Muaythai memang berat, butuh tenaga, apalagi Dessy memiliki berat badan 58 hampir 59kg. Private Muaythai rutin pun ia jalanin, maksimal 3x seminggu di jam siang waktu anaknya tertidur. Dengan durasi 1 jam setiap pertemuan.
“Di awal latihan aku pake korset model celana dari atas dengkul yang nutup perut sampe di bawah bra. Aku muaythai ditambah pake korset 3 bulan. Turun hanya 3kg !! Sedih, sudah mau nyerah karena sudah lelah, karena hanya turun 3kg tapi memang beberapa celana lama uda bs aku pake,” paparnya.
Mengatur pola makan sehat
Selain olahraga teratur, Dessy juga mulai menjaga pola makannya. Awalnya diet mayo selama 13 hari menurutnya menggunakan catering sangat membantu karena tidak perlu memikirkan menu diet.
Sayangnya diet ini tidak cocok untuk dirinya karena justru ia semakin menggila dengan makanan. “Aku rutin jalanin diet mayo ini sampe di hari ke 5 karena mulai dari sana aku sering maag, perih yang berujung aku makan lagi setelah menu dinner dari mereka,” tulisanya.
Alhasil, ia mulai diet tidak makan atau minum manis termasuk buah, tidak karbo, tidak makan mengandung minyak atau gorengan, ayam rebus atau bakar,ikan tim dan tidak setelah jam 5 sore. Jam makan pun masih mengikuti jam makan ala diet mayo, lunch dan dinner.
Penuruan berat badan
Januari 2018 bulan ke 4 ia melakukan diet dengan pola makan yang sama, ia turun 3kg lagi berarti jika dihitung-hitung sudah 6kg turun berat badan. Berarti beratnya sudah di angka 52kg.
“Di Januari ini aku join di Camp Muaythai daerah Tangsel. Aku selalu ambil kelas malem karena kalo malem suamiku bisa gantian untuk jaga Kirana dan sudah cape jadi udah males untuk cari makan. Dan aku dikasih tau jika diet dan olahraga ini jangan lupa makan protein. Karena aku ngga suka susu jadilah diganti sama 2 telur setengah mateng pake ayam kampung. Nah mulai tuh aku tau tempat gado-gado enak yang jadi langganan sampe sekarang. 2/3x aku lepas gak pake bumbu karenakan ada kacang dan gula merah,” tulisnya.
Pola makan terbentuk
PAGI
Sarapan jam 9
2 telur setengah mateng ayam kampung.
(Hanya pake black pepper)
Alpukat korek taburin chia seed.
Jika lapar, sarapan di tambah granola + greek yoghurt.
Ice latte ekstra shot tidak pake gula.
SIANG
Lunchbiasanya sekitar jam 12 siang sampai jam 1.
Gado-gado gak pake bumbu.
Ayam kampung rebus / ayam bakar
“Makanya sekali ini doang ? IYA, kalau aku sekali ini aja dan kalau laper sore sebelum jam 5 aku makan alpukat korek atau kacang ijo rebus gak pake gula. Kok tahan ?? TAHAN karena sudah terbiasa. Udah nggak perih perutnya ?? ENGGA loh malahan dibanding aku catering dulu. Dari sini aku belajar semua diet itu bagus yg penting gak bikin perut kalian perih macem tersiksa, dan aku gak bilang juga diet mayo itu jelek cuman gak cocok di badan aku,diluaran sana masih banyak yg berhasil pake diet mayo,” tulisnya.
Bahkan ketika di Mall, Dessy bisa tahan untuk tidak jajan, dengan cara menyiasati dengan sudah sarapan terlebih dahulu.
Juni 2018, sekarang berat badanya stay di 43-44kg. Total ia menurukan 15kg dalam 6 bulan. Dan masih olahraga serta makan makanan sehat.
“Target aku mau kurus itu 47kg, sekarang aku di kasi bonus lebih 4kg dengan cuman atur pola makan karena kebetulan 2 bulan terakhir aku skip olahraga. Bisa gak kurus kalo diet aja dan gak usah olahraga ?? BISA kalau memang niat tapi aku gak yakin badan bisa kenceng, bisa ada shape, bisa rapih pake baju ketat tanpa ada lemak-lemak nongol,” tulisnya.
Menurutnya, kuncinya hanya niat, hilangin rasa males, jalanin dengan happy, cari temen sehat biar selalu ada yang ingettin, cari guru yang bisa push kamu yang bisa ngelatih dengan baik dan benar.
“Untuk muaythai kalau saran aku pribadi, untuk yang belum pernah olahraga muaythai baiknya dimulai dengan private supaya kamu memang belajar tekniknya dengan benar. Salah pukul atau tendang bisa bikin kamu cedera parah. Walaupun private biasakan diri kamu untuk disiplin, disuruh squat 10x ya 10x kamu lakuin.
Kalau sudah tau caranya, teknik yang bener , kamu bisa gerak sendiri,” tutupnya.
TAG