Tahukan mom mengenai biang keringat?

DRADIOQU.COM - Tahukan mom mengenai biang keringat? tentu sudah banyak yang paham akan biang keringat dan mengapa hal ini terjadi. Biang keringat merupakan salah satu penyakit kulit yang paling banyak menyerang bayi dan anak-anak. 

Tersumbatnya pori-pori tubuh karena udara yang panas maupun lembab menjadi penyebab utama biang keringat terjadi pada bayi. Bercak-bercak merah dan juga bercak putih kasar merupakan ciri biang keringat secara umum. Biang keringat ini biasa terjadi bukan hanya pada kening atau wajah bayi, tetapi juga kerap terjadi pada tangan, leher, punggung dan dada. 

Lantas ketika buah hati mengalami biang keringat, apa yang bisa dilakukan mom? Melansir dari laman parents.com, inilah beberapa cara mudah mengatasi biang keringat pada bayi. 

Buat Obat Gatal Alami
Obati dengan obat gatal alami yang bisa mom buat sendiri. Obat ini bisa berupa tepung tapioka kemudian dicampur dengan air dan diusap-usapkan pada kulit bayi yang mengalami biang keringat. Sifat dingin dari tepung akan membuat kulit bayi terasa dingin dan lebih nyaman.

Manfaatkan Bedak Tabur
Jika mom tidak ingin repot, manfaatkan bedak tabur Biasanya bedak tabur bisa membantu bayi mom merasa lebih segar. Pastikan menggunakan produk yang aman bagi buah hati.  Ingat,buah hati yang masih bayi memiliki kulit yang masih sangat sensitif.

Baju yang Nyaman
Berikan baju yang nyaman, mudah menyerap keringat, longgar serta terasa sejuk bagi tubuh buah hati. Usahakan untuk memberikan buah hati pakaian yang nyaman sesuai dengan suhu udara. Gunakan baju hangat ketika cuaca dingin dan gunakan baju yang dingin ketika cuaca panas.Ganti juga baju serta popok bayi secara rutin. Memakaikan baju atau popok yang sama dalam waktu terlalu lama bisa membuat biang keringat pada bayi semakin parah.Tak hanya biang keringat, kulit bayi juga bisa mengalami ruam.

Jaga Suhu Ruangan Rumah
Pastikan udara di rumah mom mendapatkan sirkulasi udara yang baik agar tidak terasa lembab dan panas terlebih untuk buah hati. Kalau memang memungkinkan, pasang AC atau nyalakan kipas angin dengan suhu normal (tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas). 

Mom,itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah biang keringat pada bayi. Semoga informasi ini bermanfaat. Kalau mom punya cara lain, jangan segan untuk sharing di kolom komentar ya.

(
TAG