Tiket ke final Piala Dunia 2018 berhasil diamankan Prancis usai menang tipis 1-0

DRADIOQU.COM -  Tiket ke final Piala Dunia 2018 berhasil diamankan Prancis usai menang tipis 1-0 atas Belgia di babak semifinal yang digelar di Krestovsky Stadium, Rabu (11/7) dini hari WIB. Bintang kemenangan Les Bleus adalah Samuel Umtiti yang mencetak gol di menit 51.
Kemenangan ini mengantarkan Prancis untuk ketiga kalinya mencapai final dalam 20 tahun terakhir, atau sejak juara di tahun 1998.
Kemenangan Prancis diraih dengan tidak mudah. Di babak pertama, Prancis yang telat panas langsung mendapat tekanan dari Belgia. Belgia tampil dominan di menit awal dengan unggul dalam penguasaan bola dan peluang.
Perlahan Prancis bangkit dan mampu mengimbangi lini tengah.
Statistik menunjukkan keunggulan Prancis dalam jumlah peluang. Dari 7 percobaan, dua diantaranya mengarah ke gawang Belgia. Diantaranya sepakan keras Blaise Matuidi di menit 15 yang masih diamankan kiper Thibaut Courtois. Lalu tendangan Alderweireld yang kembali masih bisa ditepis Courtois di menit 21.
Gelandang Belgia Eden Hazard (kanan) menggiring bola dengan dikawal bek Prancis Benjamin Pavard.
Belgia sendiri bukan tanpa peluang. Beberapa kali aksi Eden Hazard mampu merepotkan pertahanan Prancis. Ada tiga peluang didapat Belgia, satu diantaranya mengarah ke gawang Prancis.
Peluang itu ketika tendangan kanan Hazard di menit19 yang sudah mengarah ke gawang tetapi sayang bola mengenai kepala bek Pavard sehingga memantul ke atas.
Di babak kedua, Belgia kembali langsung menekan. Ancaman langsung ditebarkan Romelu Lukaku ketika sundulannya menyambut umpan silang Axel Wistel masih melambung.
Belgia langsung bangkit dan membuka keunggulan lewat gol Umtiti. Tendangan sudut Antoine Griezmann berhasil disambut sundulan Umtiti yang gagal dihalau kiper Thibaut Courtois. Skor 1-0.
Belgia yang seakan buntu mencoba menarik keluar Dembele dan memainkan Mertens.
Solidnya pertahanan Prancis membuat frustrasi pemain Belgia. Usaha pelatih Roberto Martinez dengan menarik keluar Fellaini dan memainkan Yannick Ferreira Carrasco juga tidak berpengaruh besar.
Skor 1-0 untuk keunggulan Prancis bertahan sampai laga berakhir.
TAG